-->

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Sangat Mudah


Assalmualikum sobat calon blogger pada pertemuan kali ini bloggerjatim.com akan mengulas panduan lengkap Cara Membuat Blog Gratis Dengan Sangat Mudah dengan menggunakan blogger.com sebagai plafonya.

Banyak sekali layanan yang bisa sobat gunakan untuk membuat blog/website mulai dari yang prabayar sampai yang gratis. Akan tetapi jika sobat baru saja mengenal yang namanya blog maka sangat saya sarankan sobat membuatnya dengan menggunakan layanan gratis.

Banyak sekali layanan untuk membuat blog secara gratis seperti Blogger, Wordpress, Webly dan masih banyak lagi yang bisa sobat gunakan. Akan tetapi sangat-sangat saya sarankan sobat untuk membuat blog dengan menggunakan layanan yang di miliki oleh Google yaitu Blogger. Bukan tanpa alasan, Karena apabila kita menggunakan layanan yang di miliki google maka akan memungkinkan Blog yang sobat buat akan muncul di halaman pertama mesin pencari Google, Dari pada sobat membuat dengan menggunakan layanan lain. Ibarat kata begini:

Jika sobat adalah seorang penjual berbagai jenis jam lalu suatu hari ada temen yang yang menitipkan barang jualannya yang berupa jam pada sobat lalu pada suatu ketika ada orang yang ingin membeli jam pada sobat. jam manakah yang ingin sobat tawarkan pada pembeli tersebut apakah jam milik sobat atau jam milik teman sobat tadi...?? Saya yakin pasti sobat akan mendahulukan jam yang sobat miliki dari pada jam dagangan temen sobat.

Itulah mengapa sobat harus memilih layanan Blogger untuk membuat blog yang nantinya juga bisa mendatangkan pundih-pundih rupiah kepada sobat, Jika sobat bisa membuat blog yang sobat kelola menjadi populer dan di kunjungi banyak orang.

Sebelum sobat membuat blog alangkah baiknya memikirkan beberapa hal ini.

TENTUKAN TUJUAN MEMBUAT BLOG
Pastikan sobat mempunyai pondasi yang kuat. Apa sih tujuan sobat ingin membuat blog.
Kebanyakan Blogger pemula yang ingin membuat Blog adalah untuk mendapatkan penghasilan dari blog, Dan ada juga yang bertujuan membuat blog hanya untuk kesenangan ataupun hobi saja.

Jika sobat membuat blog dengan tujuan mendapatkan penghasilan dari blog yang sobat kelola maka saya sarankan jadikan tujuan mendapatkan uang dari blog sebagai penyemangat sobat dalam merawar blog yang sobat miliki. Karena apa jika sobat terlalu ber ambisi untuk mendapatkan uang dari yang saya khuatirkan adalah sobat bakalan putus asa di tengah jalan, Karena mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah jalan untuk cepat kaya, karena didunia blogger memerlukan waktu kesabaran dan juga kerja keras agar bisa mendatangkan pundih-pundih rupiah dari blog. Bahkan kisah kisah yang saya tahu dari blogger" sukses di indonesia mereka membutuhkan waktu bertahun tahun untuk menjadi seorang blogger profesional dan menhasilkan uang.

Akan tetapi jika sobat memiliki tujuan membuat blog untuk kesengan atau hoby maka saya yakin sobat sobat akan sukses lebih awal dari pada mereka yang bertujuan membuat blog karena uang. Karena apa...? Biasanya orang yang membuat blog dengan tujuan kesenagan atau hoby, Mereka sudah memiliki bakat menulis dan menyusun kata yang baik. Hal tersebut sangat di butuhkan dalam menulis artikel yang SEO.

TENTUKAN TOPIK BLOG
Dalam membuat blog menentukan topik blog sangatlah berguna. Pastikan sobat memilih topic yang sobat kuasai. Contohnya jika sobat mempunyai keahlian dalam bidang sepak bola maka sobat bisa membuat blog seputar sepak bola.

Kebapa harus menentukan topic blog menurut yang kita kuasai...???

Karena hal tersebut bisa membuat sobat tidak merasa bosan untuk membuat artikel dan juga berguna untuk menentukan artikel apa yang natinya akan sobat buat. Sebagai contoh begini :

Jika sobat ingin membuat blog dengan topic pembahasan masakan tetapi sobat tidak memiliki ilmu sedikitpun tentang masakan lalu bagai mana mungkin sobat nanti bisa membuat artikel..? Lawong kowe dewe ae raroh kok hehe.

Itulah kenapa sangat saya sarankan untuk menentukan topik dengan suatu hal yang sobat gemari.

Eh min tadi saya baca artikel di blog sebelah kenapa harus menentukan topic dengan menggunakan keyword yang banyak pencarinya di mesin pencari Google.

Memilih topik dengan cara diatas adalah hal yang kurang tepat kalau menurut saya. Karena hal tersebut nantinya hanya akan membuat sobat kebingungan untuk membuat artikel dan nantinya ujung"nya sobat malah copy paste artikel tetangga hehe.

Dan yang paling saya sarankan untuk menentukan 1 Topic saja di dalam blog sobat, Karena hal ini bisa mempercepat mesin pencari untuk memahami apa sih tujuan blog ini. Yang nantinya akan sangat bagus untuk SEO.

MENENTUKAN JUDUL BLOG
Langkah ketiga sebelum sobat ingin membuat blog pastikan sobat telah menentukan judul atau nama dari blog yang ingin sobat buat. Saya sarankan sobat menentukan judul/nama blog sobat sesuai dengan Topic pembahasan blog sobat. Sebagai contoh Begini.

Jika sobat ingin membuat blog dengan Topik pembahasan sepak bola maka sobat bisa menggunankan nama Sepak Bolaku atau Tehnik Sepak Bola.

Apasih tujuan membuat nama blog dengan menggunakan topik pembahasan di blog, Kenapa ngak dengan nama sendiri aja...???

Tujuan membuat nama/judul blog sesuai dengan pembahasan blog sobat adalah agar nantinya orang yang mengunjungi blog sobat bisa mengetahui apasih isi dari blog sobat.

TENTUKAN ALAMAT URL BLOG SOBAT
Menentukan lamat URL dalam suatu blog adalah hal yang sangat penting karena alamat URL suatu blog di ibaratkan jalan untuk menuju suatu tempat jadi pastikan sobat menggunakan alamat URL blog yang mudah di ingat.

Jika sobat adalah seorang yang memiliki ekonomi lebih dari cukup sangat saya sarankan sobat untuk menyewa Domain (Alamat URL) contohnya seperti Bloggerjatim.com

Apasih keuntungan memiliki nama domain sendiri....???

Tujuan dari memiliki nama domain sendiri adalah agar memudahkan pengunjung untuk menuju blog yang sobat miliki. Ibarat kata begini.

Jika sobat ingin membeli Jam tangan lalu sobat bertanya kepada teman, Eh bro nengndy yo seng bakol jam tangan. Lalu temen kamu jawab disini ada dua tempat untuk membeli jam tangan yang 1 di tempat mbak sri dengan rute lurus terus sampai mentok tokonya berwarna merah. Dan satunya di tempat mbak endang dengan rute lurus terus nanti belok kanan ada tukang cukur belok lalu belok kanan lagi lalu belok kiri lagi nah disitu tokonya berwarna kuning.

Dari cerita di atas dimankah sobat akan membeli jam tangan..?? saya pastikan sobat akan membelinya di tempat mbak sri yang memiliki rute yang mudah di ingat.

Itulah kenapa saya sarankan untuk memilih alamat URL blog yang pendek dan mudah di ingat agar nantinya orang yang ingin mencari informasi bisa langsung mengetikan alamat url blog sobat.

Lalu seperti apa alamat URL yang baik untuk blog..???
Untuk memilih url blog sanagatlah mudah sobat tinggal samakan saja dengan judul/nama blog sobat sebagai contoh jika sobat memiliki blog nama/judul Bola Jatim maka sobat bisa menggunakan alamat URL dengan Bolajatim.com / Bolajatim.net / Bolajatim.org Terserah sobat mau pilih menggunakan .COM / .NET / .ORG

Nah buat sobat yang tidak memiliki uang lebih untuk menyewa alamat URL/Domain, Ngak usah bersedih hati sob, Sobat bisa kok membuat alamat URL dengan menggunakan Sub Domain contonya Bolajatim.blogspot.com Emang sih agak panjang tapi tak apalah nantinya sobat juga bisa kok untuk mengubahnya menjadi Domain sendiri.

Nah jika sobat sudah memenuhi beberapa syarat di atas selanjutnya tinggan membuat blognya deh. Yuk simah Cara Membuat Blog Gratis Dengan Sangat Mudah

Karena kita akan membuat blog dengan menggunakan Blogger maka silahkan sobat buka tautan Blogger.com Silahkan masuk dengan menggunakan akun Google/Gmail sobat.
Maka sobat secara otomatis akan diarahkan di halaman dasboard blogger akun gmail sobat, Silahkan sobat klik pada tombol "New Blog"/"Buat Blog"
Kemudian sobat akan melihat halaman kecil yang mana akan ada 3 langkah mudah untuk membuat blog, Seperti gambar dibawah.
Penjelasan :
  • Pada kolom title/judul silahkan sobat isi dengan judul blog sobat sebagai contoh di atas saya mengisinya dengan Blogger Jatim
  • Lalu pada kolom Adress adalah tempat untuk membuat Alamat URL blog sobat sebagai contoh di atas saya membuat dengan alamat URL/Adress Bloggerjatim97.blogspot.com
               Kenapa saya membuat alamat URL dengan tambahan angka 97
Karena pada saat saya ingin membuat alamat URL dengan Bloggerjatim.blogspot.com ternyata alamat tersebut sudah di gunakan oleh orang lain yang berarti saya harus mengganti/manambah/mengurangi kata sampai ada tanda centang pada samping kiri kolom Adress.
  • Dan pada Template adalah tempat memilih tema yang nantinya akan menjadi tema di blog sobat. sayangnya tema yang di sediakan oleh blogger sangatlah sederhana, Tetapi sobat tidak perlu khawatir karena nantinya sobat bisa menggubah template/tema blog sobat dengan menggunakan tema/template dari pihak ketiga, Masalah template nanti saja kita bahas dibawah yang penting sobat selesai membuat blog aja.
  • Jika sudah silahkan sobat klik "Buat Blog" hal ini untuk menyimpan nama, alamat URL, dan template/tema yang sudah sobat pilih tadi.
Nah sampai saat ini sobat sudah berhasil membuat blog, Jika sobat penasaran dengan blog yang sobat buat silahkan sobat cek blog sobat dengan cara mengetikan alamat URL blog yang tadi sobat buat di kolom adress/url di browser yang sobat gunakan.

Jika sobat sudah puas memandangi blog sobat sobat sekarang saatnya menerapkan 3 langkah tambahan yang mungkin akan sangat berguna bagi sobat.

1. Mulai Membuat Artikel
Ini adalah hal yang wajib lakukan setiap hari, Ibarat kata Blog tanpa Artikel bagaikan Rumah tanpa penghuninya Hehe. Untuk langkah cara membuat artikel cukup mudah. Silahkan sobat klik pada seperti tanda panah pada gambar dibawah ini/ sobat juga bisa langsung klik pada tombol berwarna orange berlogo pensil.

Untuk membuat artikel tidak boleh sembarangan jika sobat ingin artikel yang sobat tulis bisa berada pada halaman 1 mesin pencari google, Sobat diharus melakukan riset kata kunci keyword dan jugan membuat artikel sepanjang mungkin dan pastinya artikel sobat bermanfaat bagi orang yang membacanya.

2. Mempercantik Blog
Agar blog sobat terlihat rapi dan cantik maka sobat harus mengganti template/Tema blog sobat dengan menggunakan tema/template dari pihak ketiga.

Dimana saya bisa mendapatkan template........???

Santai sob saya sudah menyediakan beberapa template yang bisa sobat gunakan di blog sobat. Template yang akan saya berikan ini adalah template terbaik yang sudah memiliki fitur Responsive dan pastinya juga sudah SEO Friendly. Seperti apakan templatenya yuk mari kita intip dibawah ini.
  • Template Simplify

Template ini di buat oleh Arlina Design dan dibagikan secara gratis. Template ini memiliki segudang fitur yang siap meroketkan dan mempercantik blog sobat untuk cek fitur lengkap yang ada di Template simplify ini silakan Cek Fitur
  • Template Simplify 2

Template ini adalah template versi kedua dari template simplify diatas dan tetap pembuatnya adalah Arlina Design, Cek Fitur
  • Template BroSense

Kalau kedua template di atas di buat oleh Arlina Design maka template kali ini dibuat oleh mas sugeng riyadi blogger terkenal seindonesia template ini juga sudah memiliki banyak sekali fitur seperti responsive SEO friendly dan masih lagi Cek Fitur

Tidak hanya tiga template saja yang bloggerjatim.com miliki untuk cek template-template yang sangat saya rekomendasikan silahkan cek Kumpulan Template Blog Terbaik

3. Mengganti Subdomain Blogspot
Agar blog yang sobat kelola menjadi blog yang profesional maka sobat perlu mengganti Subdomain Blogspot menjadi .com Hal ini bertujuan agar mempermudah Google mengindexs blog sobat dan juga mempermuda pengunjung untuk mengafalkan alamat URL blog sobat. Sobat bisa mendapatkan domain dengan cara menyewa kepada layanan Domain dan Hosting yang bertebaran di mana-mana .

Berapa Biaya sewa domain ...??

Kalau menurut saya pribadi biaya sewa domain sangatlah murah kira" 100. Ribu sampai dengan 300 Ribu pertahun tergantung sever dan tempat membeli domain tersebut.

Penutup :
Alhamdulillah kali ini kita sudah belajar bagai mana cara membuat blog gratis semoga artikel Cara Membuat Blog Gratis Dengan Sangat Mudah ini bisa bermanfaat bagi temen temen yang ingin belajar menjadi seorang blogger.

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis Dengan Sangat Mudah"

Post a Comment

Jadilah Pembaca Yang Baik Dengan Cara Berkomentar Atas Apa Yang Kamu Baca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel